Membangun Peradaban Berbasis Masjid (1) Memahami Hakekat Masjid (4) –

Sajadah biasa ju­ga diartikan sebagai “bouraq” atau kend­araan spiritual seperti yang digunakan Nabi di dalam melakukan perjalanan Isra’-Mi’raj sampai ke Sidrah al-Muntaha. Sajadah adalah tempat untuk melebur segala dosa. Sajadah adalah kotak ajaib yang mampu mengangkat seorang hamba dari kubangan lumpur dosa. Sajadah mampu mengurai seluruh problem, dari problem paling kecil sampai problem paling besar.

Masjid dan sajadah memiliki fungsi yang sama: Tempat untuk menunduk­kan kepala dan segenap kehormatan kita hanya tertuju kepada Allah Swt (sujud) jauh lebih penting daripada membangun kemegahan, sekalipun itu rumah ibadah (masjid). Untuk apa tempat sujud tanpa orang-orang sujud di dalamnya. Namun kita tidak bisa berhenti pada peningkatan kuantitas sajid, tetapi para sajidin betul-betul mewujudkan hakekat sujud. Kita selama ini mungkin masih lebih mengedepankan aspek syi’ar, prestise, scope, daripada penghayatan pendalaman makna, force. Mungkin inilah rahasianya Nabi melarang menghiasi dalaman masjid seperti membangun altar gereja.

Jumlah masjid, mushallah, langgar, dan surau di Indonesia berjumlah sekitar 800.000 buah. Jumlah ini luar biasa, terbesar jumlah masjid jika dibanding seluruh negara-negara Islam. Namun jika dibagi dengan populasi muslim Indonesia berjumlah sekitar 220 juta jiwa belum seimbang. Masih banyak orang yang harus berjalan puluhan kilometr bahkan menyeberang ke pulau-pulau lain untuk menyelenggarakan shalat Jum’at karena di daerahnya tidak punya masjid, atau ada masjid tetapi tidak ada khathib. Di tempat lain, ada masjid tidak terasa masjid tetapi lebih terasa hotel berbintang. Bangunan masjid itu sangat mewah sampai menda­patkan julukan masjid VVIP.

Sesungguhnya yang ideal ialah para sajid mewujudkan hakekat sujud di atas sajadah atau masjid. Implementasi sujud para sajidin tidak hanya terlihat di atas sajadah atau di didalam masjid, tetapi juga di dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara. Jika fibrasi sujud sudah terwujud di dalam berbagai aspek kehidupan, maka berkah dan kemurahan dari Tuhan akan terwujud.

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Generated by Feedzy