KPK Buka Kemungkinan Usut ‘King Maker’ Skandal Djoko Tjandra –

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kemungkinan mengusut sosok ‘King Maker’ dalam perkara suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari. 

“Kami akan mendalami dulu karena kami tidak menangani perkara itu. Itu semua yang terungkap di persidangan untuk perkaranya Pinangki,” ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/2). 

Komisi antirasuah akan mempelajari vonis dan informasi yang muncul dalam sidang Jaksa Pinangki terlebih dahulu.

“Kalau ada dugaan-dugaan tindak pidana korupsi lain yang belum diungkapkan tentu kami sangat terbuka. Tapi tentu kami akan menunggu dari hasil putusan dulu sejauh mana kemungkinan itu,” tegasnya. 

“Artinya KPK bisa masuk ?” tanya wartawan. “Memungkinkan begitu, sepanjang kemudian ada alat bukti yang mendukung,” jawab Ghufron.

Istilah ‘King Maker’ muncul dalam komunikasi percakapan WhatsApp yang isinya telah dibenarkan Jaksa Pinangki, pengacara Djoko Tjandra, Anita Dewi Anggraeni Kolopaking, serta saksi Rahmat, dalam persidangan. 

Saat menjatuhkan putusan, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menyatakan, telah berupaya menggali siapa sosok ‘King Maker’ tersebut dengan menanyakannya kepada Pinangki dan Anita, namun keduanya tidak mau mengungkapkannya. 

Sebelumnya, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) mendesak KPK membongkar sosok ‘King Maker’ itu. “Sekarang tugasnya KPK untuk mengungkap semua peran pihak-pihak lain yang belum bisa terungkap oleh proses-proses penyidikan maupun proses di Pengadilan Tipikor,” ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman melalui keterangan tertulis, Selasa (9/2). 

Desakan serupa disampaikan Indonesia Corruption Watch (ICW). Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mendesak KPK membuka penyelidikan untuk mengungkap sosok King Maker dan keterlibatannya dalam sengkarut skandal Djoko Tjandra.

“Mendesak agar KPK segera mengambil alih dan menerbitkan surat perintah penyelidikan untuk mendalami pihak-pihak lain, terutama menemukan siapa sebenarnya King Maker,” tegas Kurnia. [OKT]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Generated by Feedzy