Kedubes Iran Rayakan Hari Revolusi Via YouTube –

Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta merayakan Hari Revolusi mereka secara virtual. Ini adalah event perdana perayaan historis ini dilakukan secara virtual di kanal YouTube.

“Karena pandemi Covid-19, kita tidak bisa mengadakan resepsi seperti biasa. Kami mengajak sahabat semua menyaksikan perayaan Hari Revolusi Iran via kanal YouTube,” jelas keterangan Kedubes Iran di Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Biasanya, perayaan Hari Revolusi Iran memang dirayakan di hotel dengan mengundang jajaran diplomat asing, pejabat pemerintah, sahabat Iran dan juga jurnalis. Kali ini, demi meneruskan tradisi merayakan Hari Revolusi, Kedubes Iran di Jakarta memposting video perayaan mereka di akun YouTube, Rabu (10/2).

Dalam video selama 33 menit 23 detik ini, Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad memberikan sambutannya. Dia menyampaikan betapa mengakarnya hubungan persahabatan Iran dengan Indonesia.

“Persahabatan Iran dengan Indonesia tercatat sejak era Zoroasterisme pada abad ke-1 Sebelum Masehi hingga abad ke-21. Hubungan kita terus kuat,” paparnya dalam video tersebut.

Kedekatan yang sangat lama ini bisa dilihat lewat sejumlah kosa kata Indonesia yang menyerap bahasa Persia. “Ada lebih dari 400 kata yang diserap dari Bahasa Persia ke Indonesia seperti pahlawan, istana, saudagar dan masih banyak lagi,” lanjutnya.

Dubes yang bertugas sejak November 2019 ini menyebut, bahwa Iran adalah negara rasional. “Di bidang politik luar negeri, kami selalu mengendepankan hubungan konstruktif dengan negara dunia. Untuk menyelesaikan masalah regional, Iran telah memberikan berbagai inisiatif di kawasan Timur Tengah,” sambungnya.

“Iran selalu siap mengedepankan diplomasi dan dialog demi perdamaian regional, agar kita bersama bisa mengalami masa depan yang maju,” tegasnya.

Dalam video selama lebih dari setengah jam ini, dipaparkan juga sejarah hubungan diplomatik Iran dengan Indonesia yang dimulai sejak 1950. “Perayaan 70 tahun hubungan Iran dan Indonesia memang sudah lewat pada 2020. Kami berharap, 70 tahun kedepan ada perluasan hubungan kedua negara di berbagai bidang. Karena abad ke-21 adalah abadnya Asia,” harap dubes yang jago berbahasa Indonesia ini.

Di video ini juga dipaparkan keindahan alam Iran yang bisa dinikmati di segala musim. Pemaparan dalam video mengenai perkembangan Iran di berbagai sektor dijelaskan sendiri oleh Dubes Azad.

Dijelaskan bahwa Iran memiliki banyak pencapaian di berbagai sektor seperti sektor kebudayaan, pendidikan, industri medis, nuklir dan teknologi luar angkasa. Dia berharap hubungan Iran dan Indonesia bisa saling mendukung pertumbuhan dan kesuksesan di berbagai sektor.

Di akhir pidato singkatnya, Dubes Azad menyisipkan pantun penyemangat. “Papan lama terpecah belah, anak menangis meminta bola. Jangan menyerah jangan kalah, semangat kita selalu menyala,” ujarnya. [DAY]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Generated by Feedzy