Wakapolda Dan 21 Anggota Jadi Donor Plasma Konvalesen –

Sebanyak 21 personel Polda Metro Jaya (PMJ) penyintas Covid-19 mendatangi Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. 

Mereka datang untuk mendonorkan plasma darah konvalesen untuk disalurkan kepada pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan.

“21 anggota PMJ ini telah dicek, hasil pengecekan darahnya memenuhi syarat untuk diambil plasma darahnya. Donor plasma ini diberikan agar pasien Corona bisa segera sembuh,” kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo di Gedung PMI DKI Jakarta, Sabtu (6/2).

Hendro mengatakan, penyebaran Covid-19 di wilayah hukum PMJ masih sangat tinggi. Bahkan beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi berat dan kritis.

Karena itu, PMJ telah melakukan upaya-upaya dalam rangka menekan angka penyebaran Corona antara lain dengan mendirikan Kampung Tangguh.

“Kegiatan ini akan diikuti semua jajaran satuan kerja PMJ dan Polres lain,” ujar Hendro.

Permintaan Plasma Sangat Tinggi.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menyampaikan tidak semua penyintas Covid-19 dapat mendonorkan darah plasmanya, karena harus ada persyaratan yang dipenuhi. 

Di antaranya, suhu tubuh 36,5-37,5 derajat Celsius, denyut nadi 50-100 per menit, tekanan darah Sistole 90-160 mmHg Diastole 60-100 mmHg, Hemoglobin 12,5g/dl-17g/dl dan lolos seleksi kesehatan oleh tim dokter di PMI.

“Usianya tidak boleh lebih 60. Kemudian diperiksa dulu nanti, apakah antibodinya bagus dalam artian bisa memberikan kesembuhan bagi yang kita transfusikan,” kata Rustam dikutip dari Antara.

Menurut Rustam, hingga saat ini permintaan transfusi plasma darah konvalesen sangat tinggi. Bahkan per hari rata-rata sekitar 60 permintaan, sedangkan pendonornya sangat minim.

Adanya program dari PMJ diharapkan penyintas Covid -19 tidak ragu untuk mendonorkan plasma darah konvalesennya melalui PMI DKI Jakarta.

“Nanti akan kita berikan ke teman-teman kita yang terserang Covid-19. Upaya ini tadi semoga bisa meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian dengan memberikan plasma darah konvalesen,” tutur Rustam. [FIK]
 

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Generated by Feedzy