RI, Malaysia, Brunei Hari Ini Singapura Baru Lebaran Besok –

Umat ​​Muslim Singapura baru akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Selasa (3/5) besok. Sementara negara berpenduduk mayoritas muslim kawasan ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam berlebaran pada hari ini.

Soal ini, Pemimpin Islam tertinggi di Singapura, Mufti Nazirudin Mohd Nasir mengatakan, muslim di Negeri Singa belum bisa berlebaran pada Senin (2/5), karena belum memenuhi kriteria hilal.

“Menurut perhitungan astronomis, hilal untuk bulan Syawal belum terlihat pada sore hari, setelah matahari terbenam. Seperti yang telah ditetapkan sebelumnya. Ini menandakan, akhir 30 hari Ramadan jatuh pada Senin tanggal 2 Mei,” jelas Mufti Nazirudin seperti dikutip The Straits Times, Minggu (1/5) malam.

“Dengan demikian, hari pertama Syawal atau Hari Raya Idul Fitri tahun 1443 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, tanggal 3 Mei,” sambungnya.

Dalam postingan Instagram, Mufti Nazirudin memaparkan, tim pemantauan hilal belum mendapati bulan sabit, setelah matahari terbenam pada Minggu (1/5). Ini berarti, kriteria masuknya bulan baru dalam kalender Islam belum terpenuhi.

“Semoga Tuhan memberkati upaya ini, untuk membantu mengikuti sabda Nabi, yang menyuruh kita berpuasa selama 30 hari, jika hilal tidak terlihat,” tutur Mufti Nazirudin.

Dalam pernyataannya, Mufti Nazirudin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan memohon maaf lahir batin kepada seluruh umat Islam di Singapura.

“Jangan lupakan prokes saat merayakan Idul Fitri,” pesan Mufti Nazirudin. [HES]

 

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *