Renungan Ramadan (11) Berguru Dari Keajaiban Burung Nabi Ibrahim (1) –

Ternyata, bu­rung-burung telah banyak berjasa mem­berikan pelajaran ke­pada manusia. Tuhan sering menyadarkan dan memantapkan keyakinan manusia dengan melibatkan binatang dan bu­rung.

Selain burung-burung yang pernah diuraikan terdahulu, masih ada jenis burung yang Allah tampilkan bersama Nabi Ibrahim. Peristiwanya dijelaskan di dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, perlihatkanlah padaku bagaimana Engkau menghidup­kan orang mati”. Allah berfirman: “Belum yakinkah kamu?”. Ibrahim menjawab: “Aku telah meyakininya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku)”.

Allah berfirman: “(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cingcanglah semuanya olehmu. (Allah berfirman): “Lalu letakkan di atas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepa­damu dengan segera”. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. al-Baqarah/2:260).

Cerita empat ekor burung tersebut mengingatkan kepada kita bahwa be­tapa mudahnya bagi Tuhan membuat sesuatu yang luar biasa dari contoh yang sederhana. Dari peristiwa itu ada yang membuat hamba-Nya lebih percaya, dan ada pula yang sebaliknya tetap kufur bahkan bertambah ingkar kepada-Nya.

Kelompok Nabi Ibrahim bertam­bah yakin setelah Allah SWT mem­pertunjukkan kekuasaannya dengan menghimpun dan menghidupkan kem­bali burung-burung yang sudah ber­serakan kemana-mana. Sebaliknya, Raja Tsamud bertambah ingkar setelah ia menyaksikan kekuasaan Allah yang dipertunjukkan di hadapannya (Q.S. al- A’raf/7:73), sebagaimana ditulis di da­lam artikel terdahulu. Bahkan menuduh Nabi Ibrahim sebagai tukang sihir, seba­gaimana juga sering dituduhkan orang kafir kepada nabi-nabi lain. (*)

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *