Piala Asia Wanita 2022, Skuad Garuda Pertiwi Siap Patahkan Tim Singapura –

Timnas Wanita Indonesia akan menghadapi laga perdana kontra Singapura pada babak kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 di Stadion Central Republican, Dushanbe pada Jumat (24/9).

Pertemuan kedua tim menjadi duel yang ditunggu di fase grup C, mengingat hanya ada satu wakil dari grup yang akan melangkah ke final Piala Asia Wanita 2022 nanti.

Tiga dari dua puluh pemain yang dibawa pelatih Rudy Eka Priyambada adalah kiper, yakni Fani, Riska Aprilia dan Yolanda Krismonica. Ketiganya pun dipersiapkan menjadi palang pintu terakhir pertahanan skuad Garuda Pertiwi dalam menghadapi laga kontra Singapura nanti.

Untuk ketiga kiper saat ini perkembangannya cukup bagus, tinggal memantapkan mental saja. Untuk hal-hal teknik sudah ada perbaikan, baik untuk bola-bola bawah dan atas. Yang terpenting bagaimana mereka mengeluarkan semua kemampuan yang mereka punya dalam situasi pertandingan.

“Lebih kepada mentalitas setiap kiper yang perlu ditingkatkan lagi,” ujar pelatih kiper Kurnia Sandy.

Sandy menambahkan dirinya fokus meningkatkan performa tim sendiri dibandingkan melihat permainan tim lawan, meski tak bisa dipungkiri permainan Singapura harus juga diwaspadai.

 

Melihat cara bermain Singapura lanjutnya tidak jauh berbeda dengan tim-tim sepakbola wanita pada umumnya dalam arti secara teknik dan skill hampir merata.

Kembali lagi bagaimana kiper di dalam tim merah putih menghadapi situasi pertandingan, bagaimana mereka mengatur teman-teman di area pertahanan serta memulai serangan.

“Yang saya lihat pola permainan Singapura lebih mencoba memberikan bola di area belakang pertahanan lawan, jadi saya pikir kemampuan membaca situasi pertandingan sangat penting,” ujar Kurnia Sandy.

Sementara itu salah satu kiper Timnas Wanita, Fani menambahkan jika laga menghadapi Singapura nanti menjadi laga yang penting, karena selama bergabung dengan Timnas Putri U-16 sejak 2018 hingga mencapai level senior, dirinya belum pernah menghadapi Singapura.

“Ini menjadi pengalaman pertama menghadapi Singapura, namun seperti dengan apa coach Sandy selalu ingatkan untuk semua kiper, saya akan tampil maksimal seperti saat latihan, terutama membaca situasi pertandingan saat ada crossing maupun shooting. Intinya harus tenang dan komunikasi dengan teman-teman dalam satu tim,” ujar Fani.

Timnas Wanita akan bertanding dua leg menghadapi Singapura di laga kualifikasi Piala Asia Wanita pada 24 dan 27 September 2021 di Stadion Republican Central, Dushanbe. [WUR]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *