Ngobras Bareng Shanna Shannon Bamsoet Dukung Generasi Muda Nyanyikan Lagu Kebangsaan –

Ketua MPR Bambang Soesatyo bangga dengan Shanna Shannon, pemudi berusia 15 tahun yang gemar meng-cover lagu-lagu kebangsaan. Bahkan, lagu ‘Indonesia Pusaka’ yang dinyanyikannya saat berusia sekitar 9 tahun, dan diunggah di kanal YouTube Shanna Shannon, kini telah ditonton sekitar 4,5 juta viewers.

Karena kegemarannya menyanyikan lagu-lagu kebangsaan di usia muda dengan penghayatan yang luar biasa, Shanna Shannon dinobatkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai ‘Duta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya’. Penganugerahan dilakukan dalam acara Kirab Kebangsaan 2017.

“Berkat Shanna Shannon, generasi muda bisa kembali mengetahui lagu-lagu perjuangan seperti ‘Indonesia Pusaka’. Shannon adalah cerminan generasi muda yang menyalurkan rasa cintanya terhadap bangsa melalui lagu. Siapa pun yang mendengarkannya pasti akan tergugah, karena Shannon menyanyikannya dengan sangat luar biasa,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat Ngobrol Santai (Ngobras) dalam podcast Bamsoet Channel bersama Shanna Shannon, di Studio Digital Ngompol Black Stone, Jakarta, Kamis (9/12).

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, tidak sekadar meng-cover lagu-lagu kebangsaan, Shannon juga meng-cover berbagai lagu-lagu hits Indonesia. Lagu ‘Kamu dan Kenangan’ yang dinyanyikan Maudy Ayunda dalam original sound track film ‘Habibie Ainun 3’, berhasil dicover Shannon dengan sangat baik, terbukti sudah ditonton 25 juta viewers. Tidak heran jika Trinity Optima Production sebagai pemilik hak cipta lagu tersebut tertarik untuk merilisnya secara resmi di platform digital. Sehingga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi, baik bagi Shannon maupun bagi pemilik hak cipta lagu.

“Shannon juga telah menandatangani kontrak dengan Trinity Optima untuk merilis singel lagu pertamanya berjudul ‘Rela’, yang diciptakan musisi senior Melly Goeslaw. Lagu yang dirilis pada 24 September 2021 tersebut hingga kini telah ditonton 6,7 juta viewers. Tidak hanya itu, berkat kemampuan menyanyinya yang luar biasa, pada tahun 2016 lalu, Shanna Shannon menjadi salah satu utusan Asia untuk bernyanyi dan akting di Disneyland Florida, Amerika Serikat,” jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan Kadin Indonesia ini menerangkan, fenomena penyanyi yang menyanyikan kembali lagu milik orang lain, atau seringkali disebut sebagai penyanyi cover, tidak hanya berada di Indonesia saja. Fenomena ini juga menyebar luas di berbagai negara dunia. Bahkan sudah menjadi sebuah keniscayaan yang tidak mungkin bisa dibendung.

“Kehadiran penyanyi cover, di satu sisi bisa membantu mempromosikan sebuah lagu menjadi semakin dikenal masyarakat. Di sisi lain juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi si pemilik hak cipta lagu tersebut. Mengingat dalam sistem di YouTube, sebenarnya sudah terdapat ketentuan bagi hasil sebuah video cover lagu. Sehingga pemilik hak cipta lagu juga bisa mendapatkan keuntungan ekonomi,” pungkas Bamsoet. [USU]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *