Manut Aturan Pusat, Gibran Larang ASN Solo Mudik Lebaran –

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) mudik pada Lebaran 2021. Larangan ini sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19.

“Nanti Hari Senin (5/4) kami bahas tentang aturan mudik,” katanya, di Solo, Kamis (1/4).

Putra sulung Presiden Jokowi ini mengatakan, ada kemungkinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan dipertegas pada rapat tersebut. Yang jelas, keputusan yang akan diambil Pemkot Solo adalah untuk meminimalisasi penyebaran virus asal Wuhan.

“Pokoknya kami ingin yang sekarang grafiknya mulai landai, zona merah sudah hilang, kami tidak mau gara-gara mudik nanti (jumlah kasus positif) naik lagi,” tegasnya.

Ia mengatakan, jika muncul klaster baru penyebaran Covid, Solo harus mulai penanganan dari nol kembali. “Ini vaksinasinya sudah berhasil kok, yang pasti ASN dilarang mudik,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Pemda segera melakukan sejumlah persiapan terkait dengan kebijakan larangan mudik Lebaran yang dikeluarkan pemerintah pusat. “Tidak ada mudik ini kan kebijakan dari pusat. Jadi kami akan menyiapkan tidak ada mudik, namun kami selalu siaga,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada arahan resmi dari pemerintah pusat, termasuk terkait dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. “Namun kami selalu siaga,” ungkapnya. [UMM]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *