Lucas Sudah Bebas Dari LP Tangerang, Kemarin Malam –

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi putusan bebas Mahkamah Agung (MA) terpidana kasus merintangi penyidikan Lucas dengan mengeluarkannya dari tahanan. Lucas, sudah menghirup udara bebas.

“Saat ini terpidana sudah dikeluarkan dari Lapas Kelas 1 Tangerang,” ujar Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Jumat (9/4).

Kuasa hukum Lucas, Aldres Napitupulu menyatakan, kliennya dibebaskan Kamis (8/4) malam. “Jam 9 lebih keluarnya. Kita berterimakasih juga dari Direktorat Labuksinya KPK sudah datang jam 9, surat perintah dari pimpinan untuk melaksanakan putusan bebas Lucas dari Lapas,” tutur Aldres, Kamis (9/4).

Kini, Lucas tinggal menunggu sejumlah barang yang disita KPK, jika masih ada. “Ada beberapa yg memang ditetapkan oleh hakim di berkas perkara ada yang memang supaya dikembalikan kepada pihak dari mana barang itu disita,” ucapnya.

Diketahui, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan peninjauan kembali (PK) Lucas. Dengan putusan itu, Lucas bebas. Sebelumnya, pada 20 Maret 2019, PN Jakpus menjatuhkan hukuman 7 tahun penjara kepada Lucas.

Hukuman Lucas dikurangi menjadi 5 tahun penjara di tingkat banding. Di tingkat kasasi, hukuman Lucas kembali disunat menjadi 3 tahun penjara.

Lucas kemudian mengajukan PK ke Mahkamah Agung. MA mengabulkan PK tersebut dalam sidang putusan yang berlangsung pada Rabu (7/4). [OKT]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *