Ini 5 Jurus Kadin Perkuat Industri Logistik Maritim –

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid punya 5 jurus jitu untuk memperkuat industri logistik maritim di Indonesia.

Pertama, kemitraan antar pemain publik dan swasta untuk menciptakan platform logistik multimoda digital untuk menciptakan transparansi dalam sistem.

“Kedua, integrasi data dari semua pemangku kepentingan terkait di sektor swasta dan publik untuk menciptakan pandangan holistik dan semua hal yang terkait dengan logistik,” katanya dalam Virtual Expo Maritime Indonesia (VEMI) 2021, Sabtu (30/10).

Ketiga, kata Arsjad, mendorong pengembangan teknologi logistik digital misalnya melalui program pendampingan dan peningkatan daripada akses pendanaan.

Keempat, merekomendasikan perubahan peraturan yang diperlukan untuk memungkinkan berbagi informasi yang diperlukan antara sektor publik dan swasta.

Kelima, pengembangan jaringan informasi dan Telekomunikasi untuk transportasi laut untuk memungkinkan digitalisasi.

“Peningkatan industri logistik maritim akan membutuhkan perubahan dan peningkatan transparansi antara industri pelabuhan, perkapalan, dan pendukungnya yang dapat difasilitasi oleh platform multimoda digital,” ujarnya.

Bos Indika Energy ini juga menyoroti pentingnya peralihan angkutan barang dengan moda transportasi darat ke moda transportasi laut melalu pelayaran jarak pendek di Jawa dan Sumatera. Hal itu guna mengurai kemacetan dan mencegah kerusakan jalan yang malah menambah beban biaya.

Arsjad mengungkapkan, Indonesia harus meningkatkan peralihan transportasi darat ke transportasi laut di Jawa dan Sumatera. Namun, saat ini banyak yang masih enggan beralih karena sejumlah kendala seperti biaya pelayaran jarak dekat yang masih terbilang tinggi.

“Masalah utama yang menghambat beralihnya pengiriman darat ke laut jarak pendek adalah tingginya biaya transportasi laut, lamanya waktu untuk transportasi darat ke kapal, variabilitas waktu transportasi laut yang tinggi, dan kurangnya fleksibilitas pengiriman,” ungkapnya. [KPJ]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *