IKN Diyakini Jadi Motivasi Tingkatkan Kemampuan SDM Lokal –

Keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan sebuah tonggak kebangkitan yang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat, khsusnya bagi mereka yang tinggal di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimatan Timur.

Bahkan keberadaan IKN Nusantara di Pulau Borneo itu memberikan dampak positif dalam memotivasi kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kukar, Thauhid Afrilian Noor.

“Perspektif saya, bahwa IKN ini akan menjadikan wilayah Kabupaten Kukar yang saat ini menjadi bagian penyangga atau mitra kawasan IKN ini untuk siap lebih maju daripada sebelumnya,” kata Thauhid dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Artinya, keberadaan dari Ibu Kota Negara baru itu nantinya akan menjadi tolak ukur sampai sejauh mana kemampuan warga masyarakat Kukar, khususnya di bidang ketrampilan dan skill sumber daya manusia bisa berperan serta di IKN.

Secara umum, Thauhid mengakui, SDM di Pulau Kalimantan agak tertinggal dengan SDM yang ada di Jawa. Hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat Kalimantan yang bersekolah atau menimba ilmu di luar Kalimantan.

Hal itu, kata dia, sekaligus membuktikan bahwa masyarakat di Kalimantan membutuhkan akses pendidikan yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas SDM lokal, sehingga nantinya mampu bersaing di era yang sangat kompetitif seperti sekarang ini.

“Itu membuktikan SDM kita di sini sangat membutuhkan sebuah institusi/lembaga pendidikan setara dan bagus, sehingga bisa meningkatkan SDM lokal,” ujarnya.

“Dengan keberadaan IKN ini, masyarakat Kabupaten Kukar seharusnya sudah mempersiapkan diri untuk menjadi sebuah Kabupaten yang memiliki universitas-universitas yang bagus dan berkualitas serta memiliki kompetisi yang mumpuni,” tambahnya.

Menurutnya, semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi sama pentingnya dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Kita berharap kehadiran IKN ini akan mampu memotivasi kita untuk lebih meningkatkan kemampuan SDM, khususnya bagi tenaga pengajar, tenaga pendidik, guru, yang mampu menyambut IKN ini dengan meningkatkan kemampuan mereka dalam rangka terciptanya SDM yang lebih cerdas, yang lebih mampu bersaing dengan daerah-daerah lain,” harapnya.

Kemudian dari sisi budaya, ia menilai budaya yang ada di Kabupaten Kukar tak kalah melimpah dari daerah-daerah lain. Dari mulai situs warisan seperti situs Muarakaman, Kesultanan Kukar, Situs Kutai Lama, Kampung Adat Putak dan Longanai.

Selain itu, banyak juga tempat-tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata di Kabupaten Kukar, seperti wisata alamnya yang beragam, hingga Wisata Orang Utan dan Wisata Monyet Hidung Panjang Bekantan.

“Dengan keberadaan IKN ini, masyarakat harus mempersiapkan diri, menjaga dan melestarikan budaya unggulan-unggulan kita, harus juga kita persiapkan supaya nanti dengan IKN ini berjalan, kita akan mampu menjadi destinasi wisata bagi wisatawan yg akan datang ke wilayah IKN,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia meyakini bahwa keberadaan IKN Nusantara ini akan mampu memompa semangat baru bagi semua kalangan, generasi, baik anak-anak hingga lansia untuk meningkatkan kemampuannya, sehingga dapat membuktikan bahwa mereka pantas berpijak di IKN Nusantara.

“Kita akan siap untuk berkompetisi, bersaing, dan meningkatkan diri kita, sehingga kita betul betul tercipta muncul, unggul sebagai sumber daya manusia yang memang pantas berada di Ibu Kota Negara ini,” pungkasnya. ■

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *