Formula 1 Hamilton Waswas Dominasi Verstappen –

Balapan Formula Satu (F1) 2021 masih menyisakan lima balapan. Tapi, pebalap Mercedes, Lewis Hamilton sudah menyebut musim ini sebagai yang terberat dari berbagai sisi karena dominasi Max Verstappen.

Sejak mendominasi F1 musim 2014, Lewis Hamilton praktis hanya sekali mendapatkan perlawanan sengit. Tepatnya saat ia kalah dalam persaingan merebut gelar F1 2016 dari rekan setimnya di Mercedes-AMG Petronas F1 saat itu, Nico Rosberg.

Setelah itu, Hamilton bisa dibilang tidak mendapatkan perlawanan berarti. Baik Sebastian Vettel pada 2017 dan 2018 yang saat itu membela Scuderia Ferrari maupun rekan setim Hamilton sendiri, Valtteri Bottas, pada 2019 dan 2020. Keduanya sama-sama harus puas finis sebagai runner-up.

Menurut Hamilton, musim ini semuanya berubah drastis. Red Bull Racing Honda berhasil membuat pebalapnya Max Verstappen menjadi rival sangat berat. Dari 17 balapan yang sudah dilangsungkan musim ini, Verstappen sudah delapan kali menang berbanding lima koleksi Hamilton.

Untuk total podium, Hamiton hanya kalah satu dari Verstappen yang sudah mengumpulkan 13. Dari jumlah start terdepan alias pole position, Hamilton juga kalah jauh dari pebalap muda Belanda itu, tiga berbanding sembilan.

Dominasi Verstappen musim ini semakin jelas dari total lap memimpin, 504 (tertinggi musim ini), yang jauh di atas Hamilton, 154. Kini, menjelang lima balapan tersisa, Hamilton berada di peringkat kedua klasemen dan tertinggal 12 poin dari Verstappen.

Pada lomba terakhir di Grand Prix Amerika Serikat, lebih sepekan lalu, Hamilton finis P2 di belakang Verstappen. “Saya sudah perkirakan musim ini akan seperti naik roller coaster, naik-turun dengan cepat. Ini tahun terberat bagi saya dalam berbagai level. Tetapi, banyak hal positif dan saya menikmatinya meskipun berat,” kata Hamilton seperti dikutip Sky Sports.

Hamilton menyebut, dalam beberapa balapan ia seharusnya bisa lebih baik. Namun sebaliknya, ia justru kehilangan beberapa poin. Hamilton mengakui musim ini tidaklah sempurna, tetapi ia mengaku banyak belajar dari situasi ini.

“Saya yakin kondisi ini terjadi karena satu alasan. Kami banyak belajar dan mengambil banyak pengalaman baik dari kemenangan maupun kekalahan. Saya menikmati posisi di tim saat ini, khususnya soal yang kami lakukan di luar trek,” kata Hamilton.

Bulan lalu, Hamilton menyebut bila Verstappen yang justru akan mengalami tekanan dalam upaya merebut gelar juara dunia pertamanya. Meskipun, belakangan Verstappen membantah komentar Hamilton.

Menurut juara dunia tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017-2020) itu persiapan Verstappen musim ini jauh lebih baik dibanding saat dirinya berusaha merebut gelar pertamanya.

“Tetapi saya tidak terpengaruh dengan apa yang sudah ia lakukan. Bila saya mampu melakukan pekerjaan terbaik, berarti saya tidak memiiki masalah. Ini pendekatan yang saya lakukan saat ini,” katanya. [DNU]

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *