Dorong Potensi Game Lokal Sandi Buka Babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 –

Babak Main Event atau Grand Final Piala Presiden Esports 2022 resmi dimulai pada Jumat (11/11). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membuka jalannya babak Main Event, di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Sandi didampingi Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo dan Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB Esports Indonesia (PBESI) Ricky Setiawan. Turut hadir pula perwakilan para pengembang atau developer game lokal yang dipertandingkan di Piala

Presiden Esports 2022 yaitu Andrew Alexander Halim selaku CEO Battle of Guardians, Prayoga Airlangga selaku GM Games Publishing PT Melon Indonesia, dan Ivan Chen CEO Anantarupa Studios sebagai perwakilan Lokapala, serta Haria Dinata selaku Head Business, Development & Partnership Battle of Satria Dewa.

Menurut Sandi, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam industri game dan esports. Pendapatan dari industri game mencapai jumlah yang sangat besar, serta mengalami peningkatan yang cukup pesat. Ia mengucapkan terima kasih kepada Piala Presiden Esports 2022, yang telah menghadirkan tiga game lokal yang akan dipertandingkan.

Dia menerangkan, industri game dan esports Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Pada ekonomi tahun 2021, subsektor aplikasi dan game naik sebesar 9,17 persen dengan proyeksi sebesar Rp 31,25 triliun. Pada tahun yang sama, pendapatan dari industri game Indonesia mencapai 2,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 30 triliun.

“Indonesia juga menempati urutan pertama, untuk pasar online mobile gamers di kawasan Asia Tenggara. Saya mengapresiasi Piala Presiden Esports 2022, lantaran menghadirkan tiga game lokal. Semoga turnamen ini dapat membantu game buatan tanah air, menemukan pasar yang signifikan,” ujarnya.

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo melihat antusiasme yang tinggi dari penonton maupun atlet yang berlaga. Kehadiran tiga game lokal menjadi bentuk dari upaya turnamen ini, untuk bisa membangun ekosistem esports Indonesia. Ia juga berharap, nantinya game lokal bisa dipertandingkan dalam turnamen internasional.

“Sepanjang gelaran Piala Presiden Esports 2022, kami melihat antusiasme yang tinggi baik dari segi penonton maupun atlet yang berlaga. Antusiasme ini terlihat dari peningkatan hours watched pada Piala Presiden Esports 2022 yang meningkat 52 persen dari tahun lalu. Selain itu juga ada tiga game dalam negeri yang dipertandingkan. Hal tersebut sesuai dengan visi misi kami untuk membangun ekosistem esports Indonesia, serta bisa meningkatkan minat dan juga promosi bagi game lokal agar bisa bersaing dengan game-game lain. Tentunya kami berharap jika ke depannya, game lokal bisa dipertandingkan dalam turnamen internasional,” kata Rangga.

Selaras dengan Rangga, Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PBESI Ricky Setiawan mengungkapkan, bahwa Piala Presiden Esports yang diselenggarakan dari 2019 hingga 2022 ini merupakan salah satu turnamen esports berskala nasional yang menjadi wujud kepedulian pemerintah terhadap perkembangan ekosistem esports di Indonesia.

“Salah satu yang menguatkan rasa optimisme kita adalah komitmen kuat Piała Presiden Esports dalam menyertakan game-game lokal di dalamnya. Ini sangat selaras dengan komitmen PBESI seperti yang telah tersampaikan pada RAKORNAS Esports tahun 2022 di mana PBESI sangat serius dalam turut mendorong pengembangan game esports lokal sebanyak 5 game dałam kurun waktu 2 tahun,” kata Ricky.

Alexander Andrew Halim selaku CEO dari Battle of Guardians memaparkan, pihaknya hadir untuk mempopulerkan game dengan genre fighting. Battle of Guardians akan terus memberikan berbagai update, dan akan menggelar beberapa turnamen baik dalam skala kecil maupun besar. Ia berharap, Battle of Guardians bisa kembali menjadi bagian dari gelaran Piala Presiden Esports tahun depan.

Sementara itu, pihak dari Battle of Satria Dewa yang diwakili Haria Dinata, menyatakan rasa bangganya telah hadir dalam Piala Presiden Esports 2022. Ia merasa bangga Battle of Satria Dewa disandingkan dengan game-game lain yang hadir dalam turnamen ini.

Lokapala yang turut serta dalam acara konferensi pers ini juga berharap, Piala Presiden Esports 2022 bisa menjadi wadah bagi para pegiat Lokapala yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi profesional. “Kami berharap jika keterlibatan kami dalam Piala Presiden Esports 2022 mampu memberikan sumbangsih signifikan dan juga menjadi wadah bagi para pemain untuk berkompetisi,” ujar Prayoga Airlangga.■

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *