Ada Yang Rame-rame Kasih Selamat, Ada Yang Nyanyi Lagu Indonesia Pusaka HUT Ke-77 RI Dirayakan Dunia –

Semarak perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia terasa di mana-mana. Sejumlah negara sahabat ikut mengirimkan ucapan selamat serta doa di usia yang sudah mencapai 77 tahun, kemarin.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengirimkan ucapan kepada Presiden Jokowi, Selasa (16/8). Dalam rilis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Biden menyebut, Indonesia dan Amerika memiliki motto yang sama, menjunjung tinggi persatuan dan keragaman.

“Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan kemerdekaan pada 17 Agustus,” kata Biden dalam ucapannya.

Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia, menurut Biden, dibangun di atas visi bersama tentang ‘Bhinneka Tunggal Ika’ dan ‘E Pluribus Unum’.

Menurutnya, kedua motto itu menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan masyarakat yang beragam.

Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Sementara, E Pluribus Unum yang artinya “out of many, one” atau dari banyak menjadi satu.

 

Dalam kesempatan itu, Biden mengungkapkan harapan, agar kerja sama dan hubungan antara AS-Indonesia bisa terus menguat.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam pers rilisnya juga menyampaikan ucapan selamat untuk rakyat Indonesia.

“Amerika Serikat bangga dengan sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara kedua negara. Saya menyaksikan langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia, ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022,” tulis Blinken, kemarin.

Blinken menegaskan, AS mendukung Presidensi G20 Indonesia. “AS merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini, saat kami bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” jelas Blinken.

Dari Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz mengirimkan ucapannya lewat telegram. Raja Salman mengungkapkan harapan atas kemajuan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

“Raja menyampaikan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik untuk kesehatan dan kebahagiaan untuk Yang Mulia (Jokowi),” begitu keterangan media Pemerintah Saudi, Saudi Press Agency, kemarin.

 

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) juga menyampaikan hal senada. Dilansir Riyadh Daily, MBS telah mengirim telegram ucapan selamat kepada Jokowi dan mendoakan agar Jokowi selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan, serta Pemerintah dan rakyat Indonesia terus maju dan sejahtera.

Menteri Luar Negeri India S Jaishankar juga ikut menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan kepada Indonesia.

“Salam hangat untuk Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Pemerintah serta masyarakat Indonesia di Hari Kemerdekaannya,” cuit Jaishankar di Twitter.

Jaishankar juga menyampaikan penghargaan terhadap hubungan bilateral, serta kemitraan strategis Indonesia-India yang kuat.

Malaysia juga memberikan selamat Hari Kemerdekaan kepada Indonesia dalam perayaan HUT Ke-77. Dari dalam negeri, para duta besar negara sahabat juga ikut menyampaikan ucapan selamat.

Yang unik, Wakil Duta Besar (Wadubes) Rusia untuk Indonesia Veronika Novoseltseva menyanyikan lagu Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marzuki di kanal YouTube Kedubes Rusia, sebagai bagian merayakan HUT Ke-77 RI.

 

Sementara, dikutip dari TV Parlemen, sejumlah duta besar menyampaikan ucapan mereka usai menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR, DPD Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa (16/8).

“Atas nama rakyat Palestina dan para pemimpinnya, merupakan kehormatan besar bagi saya menyampaikan salam hangat dan ucapan selamat yang tulus atas Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

Dia mengharapkan semangat kemerdekaan dapat membawa kemakmuran dan kesuksesan bagi semua.

“Saya berharap untuk kebahagiaan, kesuksesan dan kemakmuran,” tutupnya.

Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti juga menyampaikan pujiannya untuk Indonesia. Menurutnya, Indonesia telah menunjukkan ketangguhannya melawan tekanan dan krisis di dunia. ■ 

]]> . Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *